AndroidTutorial

Tutorial Pemrograman Mobile Android Studio untuk Pemula

Intro

Tutorial Android Studio – Belajar mengenai pemrograman Android bukanlah hal yang tabu lagi sekarang. Banyak kursus-kursus atau seminar yang diadakan untuk mengenalkan Android Basic Programming kepada para pemula, baik itu berbayar jutaan rupiah maupun gratis* (kayanya sih ngga ada yang gratis). Jika anda masih kuliah dan mengambil Prodi Teknik Informatika maka akan ada Mata Kuliah Mobile Programming, itupun belum semua Universitas atau Perguruan Tinggi yang mengadopsi Mata Kuliah tersebut, tentunya memang tidak mudah untuk menyiapkan  sarana dan prasarana bagi MatKul ini, butuh Lab Komputer yang memiliki spesifikasi tinggi demi kelancaran kegiatan belajar mengajar.

Tools yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi mobile tidaklah ringan, dibutuhkan spesifikasi minimum untuk menjalankannya, Untuk OS Windows : Minimal Windows 7, RAM 3GB (Disarankan 8GB + 1GB untuk Android Emulator), Free Space HDD Min. 2GB, Resolusi Layar 1280 x 800. 

Pembelajaran Dasar Android Studio

Untuk kedepannya kita akan menggunakan Tools Android Studio, tapi untuk pengetahuan dasar kita akan mulai dari Pengenalan XML. Anda juga harus mengetahui basic dari Pemrograman JAVA, untuk pemula tanpa pengetahuan Pemrograman JAVA sedikitpun jangan khawatir, anda dapat mengikuti materi Dasar Android seperti belajar User Interface / Layout. Ada beberapa tahapan yang akan kita pelajari mulai dari dasar yaitu :

Tutorial Android Studio

Diatas adalah tahapan-tahapan mulai dari pengenalan layout sampai dengan membuat project pertama kita. Untuk project pertama, kita akan membuat sebuah Aplikasi Kartu Ucapan Selamat, entah itu ucapan selamat siang, malam, ulang tahun, ataupun menikah. Semua terserah teman-teman, tergantung pengembangan masing-masing.

Perlu saya jelaskan dari awal, untuk kedepannya saya akan menggunakan Android Studio di Linux Mint. Kenapa menggunakan Linux ? Ngga Windows 10 saja yang bagus ? Karena menggunakan Android Studio di Linux performanya lebih cepat 2 kali dibanding menggunakan Windows* (itu menurut pribadi). Disamping itu penggunaan memori dan sumber daya di Linux itu lebih sedikit dan stabil, yang nantinya akan memudahkan kita untuk menjalankan Aplikasi Berat seperti Android Studio ini. Dan juga, karena saya masih berstatus kuliah, mungkin update artikelnya akan terkendala sedikit, tapi akan diusahakan lancar* (mohon doa’nya ya).

Oke, sekian dulu intro dari Tutorial Android Studio untuk pemula. Disini kita akan sama-sama belajar, ga ada yang namanya senior atau junior, semua sama-sama belajar. Kita mulai dengan tahap pertama, yaitu :

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong Matikan AdBlock dulu Gan :)