Mobile Programming

Mengenal Apa itu REST API ?

Deskripsi REST API, dan pengertian REST API.

Nah, kali ini kita akan membahas REST dan API, apa si itu REST API? dan apa si itu API ? Apakah keduanya adalah sama ? Mari kita bahas bersama-sama mengenai REST API dalam tutorial kali ini.

REST merupakan gaya arsitektur yang didasarkan pada standar web dan protokol HTTP. Gaya arsitektur REST pada awalnya dijelaskan oleh Roy Fielding pada tahun 2000 dalam tesisnya. Roy Fielding juga salah satu penulis utama spesifikasi HTTP. REST adalah singkatan dari  Representational State Transfer.

Seperti yang sudah dijelaskan, REST adalah gaya arsitektur web, tetapi apa kalian tau artinya itu ??
REST adalah seperangkat kriteria desain dan bukan struktur fisik atau arsitektur sistem. REST tidak terikat dengan ‘Web’ yaitu tidak bergantung pada mekanisme aplikasi HTTP ‘Web’ yang paling lazim.

Representasi State Transfer mengacu pada mentransfer “representasi”. Kalian menggunakan “representasi” sumber daya untuk mentransfer status sumber daya yang live di server ke status aplikasi pada klien.

Dalam arsitektur berbasis REST, semuanya adalah sumber daya. Jadi data ini dapat hadir dalam database sebagai rekaman tabel atau dalam bentuk lain apa pun. Catatan ini memiliki pengidentifikasi unik yang dengannya dapat diidentifikasi seperti id untuk Karyawan. Sumber daya diakses melalui antarmuka umum berdasarkan metode standar HTTP.

Kalau begitu apa bedanya dengan API ? API atau Application Protocol Interface adalah kumpulan dari subroutin definitions, protocol dan juga tools untuk berkomunikasi data antar aplikasi software. Jadi REST merupakan salah satu dari desain API.

[artikel number=3 tag=”android” ]

Dalam arsitektur berbasis REST kalian memiliki server REST yang menyediakan akses ke sumber daya. Klien REST dapat mengakses dan memodifikasi sumber daya REST. Setiap sumber daya harus mendukung operasi umum HTTP.

Sumber daya diidentifikasi oleh ID global (yang biasanya URI). URI adalah ‘alamat’ sumber daya. Sumber daya harus memiliki setidaknya satu URI. Tidak ada URI bukan sumber daya (artinya sebenarnya tidak ada di web). URI harus deskriptif (dapat diuraikan oleh manusia) dan memiliki struktur. Sebagai contoh:

http://www.gubugcoding.com/eclipse/releases/version.tar.gz
http://www.gubugcoding.com/temperature/USA/CA
http://www.gubugcoding.com/search/employee_id
http://www.gubugcoding.com/data/2017

REST memungkinkan sumber daya memiliki representasi yang berbeda, misalnya, teks, XML, JSON dll. Klien REST dapat meminta representasi tertentu melalui protokol HTTP (negosiasi konten).

  • GET  : Ambil representasi sumber daya
  • PUT : Perbarui / modifikasi sumber daya yang ada (atau buat sumber daya baru)
  • POST : Buat sumber daya baru
  • DELETE: Hapus sumber daya yang ada

ada dua mode yang jarang digunakan, yaitu :

  • HEAD : Ambil meta-data representasi saja (yaitu representasi metadata)
  • OPSI : Periksa metode HTTP mana yang didukung sumber daya tertentu

API berarti Antarmuka Pemrograman Aplikasi Dalam pemrograman komputer, API adalah sekumpulan definisi, protokol, dan alat subrutin untuk membangun perangkat lunak aplikasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong Matikan AdBlock dulu Gan :)