SEO

Ini Dia 19 Tips SEO WordPress Untuk Pemula

Jika kalian ingin peringkat yang baik di mesin pencari, maka kalian perlu menganggap SEO kalian dengan serius. Untungnya, menggunakan WordPress membuat kalian unggul, karena sudah cukup ramah SEO. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa orang memilih WordPress.

Namun, ada sejumlah hal yang dapat kalian lakukan untuk membawa WordPress SEO ke tingkat selanjutnya. Untuk memudahkan Anda, di bawah ini Anda akan mempelajari 30 tips terbaik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs Anda.

1. Pasang Plugin WordPress SEO

WordPress sudah memiliki beberapa fitur SEO bawaan yang cukup solid. Tetapi, Anda dapat mengambil optimasi Anda ke tingkat berikutnya dengan menggunakan plugin SEO. Plugin SEO terbaik di pasaran adalah Yoast SEO, pada kenyataannya, itulah yang kami gunakan di sini di Hostinger.

Dengan plugin ini, Anda dapat dengan sempurna mengoptimalkan setiap halaman dan memposting untuk kata kunci pilihan Anda. Ini juga memiliki analisis bawaan berdasarkan pembaruan algoritma terbaru. Anda bahkan dapat membuat sitemap XML, dan menambahkan markup skema ke situs Anda.

Untuk mengatur Yoast, navigasikan ke dasbor WordPress Anda dan pilih Plugins ›Add New . Pada bilah pencarian ketik ‘ Yoast SEO ‘ dan klik ‘ Instal Sekarang ‘ pada plugin yang terlihat seperti di bawah ini.

Plugin Yoast SEO

Terakhir, klik ‘ Aktifkan ‘ setelah muncul. Plugin ini sekarang berjalan di situs Anda, dan Anda dapat mengaksesnya dengan mengeklik ikon SEO di menu sebelah kiri.

2. Lakukan Penelitian Kata Kunci

Melakukan penelitian kata kunci akan memungkinkan Anda untuk:

  • Buat konten yang sebenarnya dicari pengunjung Anda.
  • Kembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pasar Anda.
  • Lacak keberhasilan semua yang Anda tulis.
  • Hasilkan traffic yang berharga untuk situs Anda.

Ada berbagai alat yang akan membantu Anda dalam penelitian kata kunci. Beberapa alat teratas termasuk KWFinder , SEMRush , dan bahkan Google Keyword Planner. Anda juga harus memilih alat untuk melacak bagaimana peringkat kata kunci Anda .

Meskipun banyak posting dapat ditulis pada riset kata kunci saja, dasar-dasarnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat daftar kata kunci target yang terkait dengan topik Anda.
  2. Masukkan mereka ke dalam alat penelitian kata kunci untuk mengungkap kata kunci yang menerima volume lalu lintas yang layak, dan memiliki persaingan yang lebih rendah.
  3. Teliti pesaing dengan menjalankan situs serupa melalui alat penelitian kata kunci untuk melihat kata kunci mana yang paling menghasilkan lalu lintas.
  4. Lihat kata kunci mana yang memiliki persaingan yang cukup rendah di mana Anda dapat bersaing.

3. Nyalakan Visibilitas Mesin Pencari

Ada opsi bawaan di WordPress yang akan menyembunyikan situs Anda dari mesin pencari .

Anda mungkin menemukan opsi ini berguna ketika pertama kali membangun situs Anda, tetapi itu bisa membuat peringkat menjadi tidak mungkin. Jika Anda menggunakan beberapa tips dalam daftar ini, tetapi tidak melihat peringkat Anda meningkat, ini mungkin masalahnya.

Untuk melihat apakah pengaturan ini aktif, navigasikan ke Pengaturan ›Membaca dari dalam dasbor WordPress. Gulir ke bawah dan Anda akan melihat bagian yang disebut Visibilitas Mesin Pencari .

Pastikan Anda membiarkan kotak ini tidak dicentang. Kemudian klik ‘ Simpan Perubahan ‘.

4. Sesuaikan Struktur Permalink

Ketika Anda pertama kali menginstal WordPress halaman dan posting situs Anda akan memiliki struktur URL yang aneh. Struktur default ini tidak baik untuk SEO Anda.

Struktur URL yang paling bersih dan ramah mesin pencari adalah pengaturan “nama pos”. Dengan beralih ke pengaturan ini, Anda juga dapat memasukkan judul posting atau halaman Anda, dan bahkan kata kunci dalam URL Anda. Untuk mengubah pengaturan ini navigasikan ke Pengaturan ›Permalinks .

Di bawah bagian ‘ Pengaturan Umum ‘, pilih opsi yang mengatakan ‘ Nama pos ‘.

Jika Anda melakukan perubahan ini di akhir permainan, maka Anda mungkin perlu mengarahkan ulang URL lama apa pun. Anda dapat melakukannya dengan plugin seperti Ubah Permalink Helper . Cukup masukkan URL lama Anda dan URL itu akan meneruskan ke URL Anda yang diperbarui.

5. Tambahkan Situs Anda ke Google Search Console

Menggunakan Google Search Console akan menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja situs Anda saat ini di mesin pencari, dan memberi tahu Anda jika ada kesalahan di seluruh dunia.

Untuk menambahkan situs Anda ke Google Search Console, pertama-tama navigasikan ke halaman ini dan mendaftar dengan akun Google Anda. Selanjutnya, klik tombol ‘ Tambahkan Properti ‘ dan masukkan URL situs web Anda.

konsol pencarian google menambahkan properti

Klik ‘ Tambah ‘, dan Anda akan dibawa ke layar di mana Anda harus memverifikasi kepemilikan situs Anda. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memverifikasi situs Anda, tetapi yang paling mudah adalah memilih Metode alternatif , lalu memilih tag HTML .

verifikasi konsol pencarian google

Salin kode ini, lalu arahkan ke dashboard WordPress Anda. Untuk menambahkan kode ini ke tajuk kami, kami akan menggunakan plugin. Navigasikan ke Plugin ›Tambah Baru , lalu cari ‘ Sisipkan Header dan Footer ‘.

masukkan header dan footer plugin WordPress

Instal dan aktifkan plugin yang ditunjukkan pada gambar di atas. Selanjutnya, buka plugin dengan masuk ke Pengaturan ›Insert Headers and Footers .

Menggunakan plugin header header dan footer masukkan untuk menambahkan kode

Sekarang tempel kode ke dalam kotak yang berlabel Header , dan klik ‘ Simpan ‘. Terakhir, navigasikan kembali ke Alat Webmaster Google dan klik tombol Verifikasi .

6. Integrasikan Google Analytics

Alat Google lain yang ingin Anda miliki di gudang senjata Anda adalah Google Analytics. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda seberapa baik strategi SEO Anda bekerja dengan memberi Anda rincian lalu lintas situs Anda.

Untuk mengatur akun Anda, navigasikan ke beranda Google Analytics  dan buat akun. Selanjutnya, Anda ingin mencari kode pelacakan Anda. Itu harus di bawah Info Pelacakan ›Kode Pelacakan . Kemudian, salin kode yang mirip dengan contoh di bawah ini:

Tip SEO WordPress - menambahkan kode pelacakan situs web google analytics

Bergantung pada tema Anda, Anda mungkin memiliki opsi untuk langsung menambahkan kode pelacakan Google Analytics. Jika tidak memungkinkan, maka Anda dapat menggunakan plugin Sisipkan Header dan Footer yang sama dengan yang kami gunakan di atas.

Buka plugin, navigasikan ke bagian header, dan rekatkan kode pelacakan Anda. Itu dia! Sekarang Anda dapat melihat statistik situs Anda. Untuk instruksi yang lebih terperinci, Anda juga dapat memeriksa panduan langkah demi langkah tentang cara menambahkan Google Analytics ke WordPress .

7. Kirim Peta Situs ke Google

Peta Situs digunakan oleh mesin pencari untuk merayapi situs web Anda dengan lebih baik. Situs Anda masih akan dirayapi tanpa sitemap, tetapi dengan membuatnya, Anda dapat melaporkan data yang ingin dirayapi oleh mesin pencari.

Anda dapat memastikan halaman tertentu yang tidak berkontribusi pada peringkat Anda tidak dirayapi, serta memberikan prioritas pada halaman Anda yang lebih berharga. Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, maka Anda dapat dengan mudah membuat dan mengirim peta situs.

Navigasikan ke SEO ›Umum› Fitur . Kemudian gulir ke bawah dan aktifkan ‘ XML Sitemaps‘.

Kiat SEO WordPress - aktifkan peta situs xml

Klik tautan yang mengatakan ‘ Lihat XML sitemap ‘ dan ini akan membuka peta situs Anda untuk memastikan itu benar-benar dibuat.

Sekarang kami akan mengirimkan sitemap itu ke Google. Buka dasbor Google Search Console Anda dan klik ‘ Peta Situs ‘.

kirim peta situs ke google

Di sudut kanan, Anda akan melihat opsi untuk Tambah / Tes Peta Situs . Klik pilihan itu, masukkan URL sitemap Anda, dan klik ‘ Kirim ‘. Sekarang Google akan menjelajah sitemap Anda secara teratur, yang dapat membantu pengindeksan posting yang cepat.

8. Percepat Situs Web Anda

Kecepatan situs web selalu penting. Memiliki situs web yang memuat lambat akan berdampak negatif terhadap peringkat dan pengalaman pengguna Anda. Kecepatan halaman bahkan sedang dalam perjalanan menuju menjadi faktor peringkat .

Untungnya, memperbaiki situs pemuatan lambat tidak sulit dilakukan. Langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda memulai:

Dapatkan Nomor Baseline

Pertama, Anda perlu mengetahui bagaimana kinerja situs Anda. Buka alat yang disebut GTMetrix dan jalankan situs Anda melalui alat tersebut. Ini akan memberi Anda rincian angka kinerja Anda saat ini, sehingga Anda dapat melihat apa yang perlu Anda tingkatkan.

Tingkatkan Host Anda

Terkadang, kesalahan konfigurasi dari sisi server dapat menyebabkan kelambatan. Inilah sebabnya mengapa memilih lingkungan hosting web yang benar adalah penting. Untuk kinerja situs WordPress, kami sarankan untuk pergi dengan paket hosting khusus WordPress yang dirancang khusus untuk pengaturan situs Anda.

Gunakan CDN

CDN akan membantu mempercepat situs Anda dengan menyimpan versi situs Anda di server di seluruh dunia. Dengan begitu ketika pengunjung mendarat di situs Anda, mereka akan mendapatkan versi yang paling dekat dengan lokasi fisik mereka. Untuk solusi gratis yang andal, Anda dapat mengintegrasikan situs Anda dengan CDN seperti Cloudflare .

Gunakan Plugin Caching

Plugin caching akan menghasilkan file HTML statis, bukan file PHP yang biasanya diperlukan untuk menjalankan WordPress. Ini akan meminimalkan jumlah permintaan antara server dan browser pengguna Anda, yang akan mengurangi kecepatan memuat Anda.

Beberapa plugin caching WordPress yang paling umum termasuk W3 Total Cache dan WP Super Cache .

Optimalkan Media Anda

Jika Anda mengunggah gambar ke situs Anda, maka ini harus dioptimalkan dengan benar.

Untuk mengoptimalkan gambar Anda lakukan hal berikut:

  1. Kurangi ukuran file dengan menjalankan gambar Anda melalui alat seperti TinyPNG .
  2. Ubah ukuran gambar Anda sebelum mengunggah.
  3. Instal plugin pengoptimalan gambar seperti WP Smush .

9. Perbaiki Tautan Patah

Memiliki banyak tautan yang rusak tidak baik untuk pembaca atau peringkat Anda. Juga, mereka mempersulit bot Google untuk menjelajah situs Anda.

Cara termudah untuk memeriksa situs Anda dari tautan yang rusak adalah dengan membuka Google Search Console dan klik ‘Crawl Crawl’.

kesalahan perayapan untuk tautan yang rusak

Lalu, buka setiap kesalahan dan itu akan menunjukkan kepada Anda di mana tautan yang rusak, sehingga Anda dapat memperbaikinya.

10. Memiliki Kata Kunci Fokus Untuk Setiap Posting

Meskipun cara kami mengoptimalkan kata kunci telah berubah, mereka masih memainkan peran penting dalam SEO. Setiap kali Anda menulis posting di situs Anda, Anda harus memiliki kata kunci fokus untuk posting tertentu.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik saat mengoptimalkan kata kunci yang dipilih:

  • Jangan berlebihan kata kunci ke dalam posting Anda, hanya sertakan ketika itu wajar.
  • Masukkan kata kunci Anda dalam paragraf pertama salinan Anda jika memungkinkan.
  • Gunakan kata kunci target Anda dalam judul dan subjudul Anda.
  • Tambahkan kata kunci target Anda ke URL Anda, dan deskripsi meta.

Yoast SEO memudahkan penerapan tips di atas.

Setiap kali Anda menulis pos, masukkan kata kunci target Anda ke alat. Anda akan mendapatkan analisis seberapa optimal posting itu dioptimalkan untuk kata kunci pilihan Anda.

Tip SEO WordPress - optimasi kata kunci

Anda akan diberikan tips untuk meningkatkan optimasi kata kunci Anda dan meningkatkan peluang peringkat Anda di mesin pencari.

11. Buat Konten Berkualitas Tinggi

Google menyukai konten berkualitas tinggi. Lihatlah 10 hasil teratas untuk setiap kata kunci yang diberikan dan Anda akan menemukan konten memenuhi dua persyaratan:

  1. Konten umumnya lebih lama dan memiliki standar konten yang tinggi.
  2. Konten memenuhi maksud pencarian.

Konten yang panjang dan ditulis dengan baik itu bagus. Tapi, Anda mungkin tidak tahu apa maksud pencarian itu. Pada intinya, maksud pencarian adalah niat di balik frasa kata kunci.

Saat Anda membuat konten apa pun, Anda harus meneliti apa yang saat ini diperingkat, dan mencoba memahami mengapa itu peringkat. Terkadang, konten akan peringkat kekuatan domain saja. Tetapi, jika setiap situs memiliki jumlah otoritas yang serupa, maka konten itu sendiri akan menjadi faktor pembeda.

Untuk memiliki perspektif kata kunci yang lebih baik dan apa yang dicari oleh pencari, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah pencari mencari informasi atau konten produk?
  • Apakah mereka mencari sesuatu yang mendalam? Atau bacaan singkat?
  • Mengapa peringkat halaman saat ini?
  • Apa gaya konten yang paling baik menjawab kata kunci?

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kata kunci, halaman yang berperingkat baik, dan apa yang diinginkan pencari, Anda akan siap untuk membuat konten epik.

12. Buat Konten yang Lebih Panjang

Konten yang lebih lama cenderung peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Studi terbaru dari Buzzsumo dan Moz menemukan bahwa konten yang lebih lama mendapat lebih banyak bagian sosial dan tautan balik secara keseluruhan, yang berarti peringkat lebih tinggi.

Penelitian lain menemukan bahwa sebagian besar konten yang peringkatnya ada di halaman pertama Google lebih dari 2000 kata. Ini tidak berarti setiap posting di situs Anda harus mencapai panjang konten ini, tetapi itu harus menjadi sesuatu yang Anda bidik.

Tapi, ini tidak berarti Anda harus mengisi konten Anda dengan kata-kata yang tidak perlu untuk mencapai sasaran jumlah kata Anda.

Sebaliknya, Anda harus fokus pada maksud kata kunci . Artinya, apa alasan pengguna mencari kata kunci itu sejak awal. Lalu, jawab tujuan kata kunci itu dengan cara yang paling menyeluruh dan bermanfaat, yang dalam beberapa kasus mungkin berarti menulis lebih sedikit kata.

13. Buat Konten Evergreen

Konten yang selalu hijau dapat menjadi pendorong traffic yang kuat. Gaya konten ini akan selalu relevan karena tidak bergantung pada informasi yang tepat waktu.

Pikirkan sebuah posting seperti, ‘ Panduan Utama untuk SEO di Lokasi ‘, versus sesuatu seperti ‘ Yang Perlu Anda Ketahui tentang Pembaruan Terbaru Google ‘.

Yang pertama akan relevan untuk waktu yang lama, sedangkan yang kedua akan bergantung pada informasi berbasis waktu. Ini tidak berarti Anda mempublikasikan konten hijau selamanya dan melupakannya selamanya. Tetapi sebaliknya, Anda secara teratur memperbarui konten untuk mencerminkan aspek terbaru dan paling relevan dari industri atau topik Anda.

Konten Evergreen berharga karena tidak kehilangan relevansinya. Ini berarti Anda dapat terus berbagi, mempromosikan, dan mengambil backlink ke konten ini. Gaya konten ini biasanya akan menahan posisi peringkat teratas selama bertahun-tahun.

Meskipun konten yang selalu hijau akan membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya untuk membuat, hasilnya akan terbayar untuk tahun-tahun mendatang .

14. Tautan ke Sumber Kualitas

Menautkan ke sumber berkualitas tinggi tidak akan merugikan SEO Anda, pada kenyataannya, itu sebenarnya bisa membantu. Saat Anda menautkan ke sumber otoritatif berkualitas tinggi, Anda memberi tahu Google bahwa konten yang ditautkan serupa dengan Anda. Plus, itu meningkatkan pengalaman pengguna, dengan memberikan pembaca informasi lebih lanjut tentang topik tersebut.

Jangan biarkan situs Anda menjadi buntu di internet, berbagi tautan cinta adalah hal yang baik. Jadikan sebagai praktik biasa untuk menautkan ke sumber yang bermanfaat, karena akan membantu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan Anda sendiri. Dengan menghubungkan ke orang lain itu juga memberi Anda alasan untuk menjangkau dan memulai dialog.

Anda tahu bahwa menghubungkan adalah penting, tetapi Anda juga ingin menghubungkan dengan cara yang benar. Untuk menghindari pengiriman pembaca dari situs Anda, sebaiknya membuka semua tautan eksternal di jendela baru. Untuk melakukan ini ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buat Hyperlink

Untuk membuat hyperlink, sorot beberapa teks dan klik tombol hyperlink:

menyisipkan hyperlink

Kemudian, klik ikon roda gigi, yang akan memunculkan opsi tautan Anda.

Ubah Opsi Tautan

Sebuah kotak teks akan muncul dan kemudian pilih kotak yang bertuliskan ‘ Buka tautan di tab baru ‘.

buka tautan di tab baru

Sekarang, setiap kali pengguna mengklik tautan itu akan terbuka di tab baru, alih-alih diarahkan dari situs Anda.

15. Tautkan Konten Bersama

Kapan pun Anda memiliki kesempatan, Anda harus menautkan ke konten lama yang telah Anda terbitkan. Tautan internal biasa dapat memberi Anda manfaat seperti:

  • Memudahkan bot Google merayapi situs web Anda dan mengakses halaman dan posting yang lebih dalam
  • Mengirim jus tautan ke posting dan halaman blog lain yang mungkin tidak menarik tautan sendiri
  • Membantu Google memahami konteks konten halaman Anda dengan menggunakan teks hyperlink terkait
  • Menjaga pengunjung di situs Anda lebih lama dengan mengunjungi lebih banyak halaman, sehingga mengurangi rasio pentalan, meningkatkan waktu di situs.

WordPress memudahkan Anda untuk menghubungkan konten Anda bersama.

Setiap kali Anda menulis posting, cukup sorot sebagian teks dan klik tombol hyperlink. Kemudian, pilih ikon roda gigi, memunculkan opsi tautan Anda.

opsi hyperlink

Di jendela sembulan, Anda akan melihat daftar posting sebelumnya yang telah Anda tulis. Pilih saja bagian konten yang paling relevan dari daftar.

Kiat SEO WordPress - membuat tautan ke konten yang relevan

16. Optimalkan Judul Posting dan Halaman Anda

Tag title Anda adalah tag heading Anda yang paling penting. Ini memberi tahu Google tentang halaman Anda, dan akan memengaruhi apakah pembaca akan mengklik ke situs Anda. Jika Anda tidak yakin tag mana yang merupakan tag judul Anda, itu adalah nama posting atau halaman Anda.

Ikuti praktik terbaik ini untuk mengoptimalkan tag judul Anda:

  • Sertakan kata kunci target Anda sedini mungkin pada judul.
  • Buat tag judul antara 60 hingga 70 karakter.
  • Buat judul yang menarik yang membuat orang mengklik.

Mengubah tag judul Anda menjadi sesuatu yang dioptimalkan dengan baik dan dapat diklik cukup mudah. Terutama jika Anda menggunakan plugin SEO Yoast.

Untuk mengubah tag judul Anda, buka salah satu posting Anda dan gulir ke bawah. Anda akan melihat bagian yang disebut ‘ Editor cuplikan ‘.

Tip SEO WordPress - menggunakan cuplikan optimasi Anda

Di sini, Anda akan dapat menyesuaikan judul SEO Anda dan mengoptimalkannya untuk memberi peringkat.

17. Optimalkan Tag Header Anda

Tag tajuk Anda akan memberi bot perayap gagasan tentang isi konten Anda. Menggunakan tag ini di seluruh konten Anda akan membuatnya lebih mudah dibaca dan dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari.

Secara umum, Anda harus memiliki satu tag H1 per posting dan menggunakan hierarki H2 , H3 , H4 , dll., Di bawahnya.

Tag H1 Anda juga akan menjadi judul posting Anda, jadi Anda pasti ingin memasukkan kata kunci target Anda. Untuk sisa tag tajuk Anda, gunakan variasi kata kunci target Anda, jika memungkinkan. Namun, jangan isi tag heading Anda dengan kata kunci jika tidak masuk akal untuk posting Anda.

Di dalam editor WordPress, Anda dapat dengan mudah menambahkan tag header melalui menu drop-down.

Tip SEO WordPress - mengatur tag header yang tepat

18. Gunakan URL yang lebih pendek

Ketika datang ke URL Anda, semakin pendek semakin baik. Lakukan yang terbaik untuk mempersingkat URL Anda, sehingga tidak menampilkan banyak kategori atau direktori. Cobalah untuk hanya memasukkan kata kunci target Anda, dan singkirkan yang lainnya.

URL yang panjang tidak akan menghukum peringkat Anda. Tapi itu bisa membuat tautan Anda terlihat seperti tautan spam dan menurunkan RKPT. Jika Anda mengubah tautan permanen Anda, ini akan membantu memberi Anda lebih banyak kontrol atas struktur URL Anda.

Ikuti praktik terbaik ini saat membuat URL yang ramah-SEO:

  • Gunakan URL yang lebih pendek bila memungkinkan, dan hilangkan kata-kata pengisi
  • Sertakan kata kunci target Anda di URL Anda
  • Sesuai dengan judul dan URL Anda
  • Jadikan itu mudah dibaca oleh manusia
  • Hindari beberapa kategori dan folder bila memungkinkan

Dengan pemikiran di atas, Anda dapat dengan mudah mengedit URL Anda dari dalam WordPress itu sendiri. Di layar pembuatan halaman atau posting, cukup klik edit pada bagian ‘ Permalink ‘ tepat di bawah judul:

Tip SEO WordPress - edit post permalink

19. Optimalkan untuk Google SERP

Anda mungkin telah melihat kotak-kotak yang muncul di bagian atas hasil pencarian Google. Jika tidak, mereka terlihat seperti ini:

contoh grafik pengetahuan google

Tempat ini secara efektif berada di posisi nol sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan klik-tayang tinggi. Tapi, jika Anda sudah peringkat di halaman pertama, maka mendapatkan tempat ini akan memberi Anda dua daftar dalam hasil.

Tidak ada cara yang dicoba dan benar untuk mendapatkan posisi teratas ini, tetapi optimasi berikut akan meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkannya:

  • Tambahkan markup skema ke situs Anda
  • Jawab pertanyaan yang tersirat dalam kata kunci di awal posting Anda
  • Format jawaban Anda dalam bentuk daftar terurut atau tidak berurutan

Leave a Reply

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong Matikan AdBlock dulu Gan :)