Mobile Programming

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Pada kesempatan kali ini ini kita akan membahas tentang cara membuat aplikasi android sendiri dengan mudah.

Tentunya bagi yang masih awam dan ingin tau bagaimana cara membuat aplikasi sendiri dirumah dengan mudah, baik itu aplikasi yang sederhana sampai pada aplikasi yang kompleks nantinya.

Daftar Isi :

Sebelum kita memulai membuat aplikasi, alangkah baiknya kita berkenalan dengan yang namanya Android Studio.

Android Studio

Menurut Android Developers, Android Studio merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu – Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA. Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android.

Pengenalan Interface Android Studio

Tampilan Android Studio

Keterangan :

  • Toolbar memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai jenis tindakan, termasuk menjalankan aplikasi dan meluncurkan alat Android.
  • Navigation Bar membantu Anda bernavigasi di antara proyek dan membuka file untuk diedit. Bilah ini memberikan tampilan struktur yang terlihat lebih ringkas dalam jendela Project.
  • Editor Window adalah tempat Anda membuat dan memodifikasi kode. Bergantung pada jenis file saat ini, editor dapat berubah. Misalnya, ketika melihat file tata letak, editor menampilkan Layout Editor.
  • Tool Windows Bar muncul di luar jendela IDE dan berisi tombol yang memungkinkan Anda meluaskan atau menciutkan jendela alat individual.
  • Tool Windows memberi Anda akses ke tugas tertentu seperti pengelolaan proyek, penelusuran, kontrol versi, dan banyak lagi. Anda bisa meluaskan dan juga menciutkannya.
  • Status Bar menampilkan status proyek Anda dan IDE itu sendiri, serta setiap peringatan atau pesan.

Pengenalan Layout dasar Pada Aplikasi Android

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di Pengenalan dan Cara Membuat Layout pada Android Studio, disitu kita akan mengetahui layout/tampilan apa saja yang nantinya akan kita gunakan dalam membuat aplikasi android sendiri. Mulai dari Views yang teridiri dari berbagai tampilan yang berbeda, bisa lihat di Belajar mengenai Views di Android Studio, dan pembuatan layout yang berbeda seperti Relative Layout, Linear Layout, Constraint Layout, dan masih banyak lagi tampilan layout yang berbeda, untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Pengenalan dan Cara Membuat Layout pada Android Studio.

Membuat Project Pertama

Untuk membuat aplikasi android sendiri dengan mudah, coba kita membuat project pertama kita yaitu “Hello World”

  1. Buat Project Baru
New Project

2. Pilih Project – > Empty Activity

Pilih Empty Activity

3. Ganti Nama Project dan lokasi –> Finish

Nama Project

4. Setelah selesai, kita running menggunakan android virtual device (AVD)

tampilan hello world

Nah sampai sini kita sudah bisa membuat aplikasi sendiri, walaupun hanya sekedar Hello World saja, untuk meningkatkan pemahaman tentang layout aplikasi, coba kalian buat Aplikasi Sederhana seperti Kartu Ucapan di Android, selanjutnya dengan menggabungkan beberapa view, dapat dilihat di Membuat Kartu Ucapan di Android Studio

Perancangan UI Sederhana

Pada tingkatan selanjutnya kita akan belajar tentang Form Perancangan UI Sederhana Pada Android Studio. Ini mencakup EditText, TextView, Button, Spinner, CheckBox dan Activity. Yang akan kita bahas di artikel Membuat Form Perancangan UI Sederhana di Android Studio

Ebook Pembelajaran Android

Untuk menunjang kalian belajar tentang bagaimana cara membuat aplikasi android, akan saya bagikan ebook dari Android Developers yang akan sangat membantu dalam proses belajar kalian. Silahkan Download ebooknya disini

Related Articles

Leave a Reply

Check Also

Close
Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong Matikan AdBlock dulu Gan :)