Mobile Programming

Cara Instal Android Studio di Linux Mint

Setelah kita belajar dasar-dasar pemrograman mobile, dengan mengetahui syntax-syntax dari XML dan juga berbagai elemen serta atribut didalamnya, saya rasa sudah siap untuk membuat Project Pertama kalian. Eitss, tapi tunggu dulu, apa kalian sudah menginstal Aplikasi Android Studio ? Jika kalian merupakan Windows User, sangat mudah bagi kalian untuk menginstal aplikasi ini, tinggal next -> next -> dan -> next -> selesai. Tapi jika kalian merupakan Linux User, bagaimana cara instalnya ? Apakah sama dengan Windows ? 

Instal Android Studio

Untuk langkah-langkah pada saat penginstalan memang sama, hanya saja pada execute programnya saja yang beda. Ini langkah-langkahnya :

  1. Download dulu IDE Android Studio disini
  2. Setelah download selesai, akan diperoleh file android-studio-ide-*-linux.zip
  3. Selanjutnya, kita ekstrak file tersebut, dan letakan didirektori yang kalian inginkan, untuk saya letakan di direktori home
  4. Dan buat folder baru dengan nama bebas, contoh folder Android
  5. Jika sudah, kita akan mulai mengkonfigurasi Android Studio

[artikel number=5 tag=”android” ]

Instal dan Konfigurasi Android Studio

Jika langkah awal sudah dijalankan semua, sekarang kita akan melakukan konfigurasi awal dan penginstalan Android Studio. Ikuti langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke folder Android Studio tadi yang kita ekstrak
  2. Masuk ke direktori android-studio/bin/ kemudian double klik file studio.sh
  3. Selanjutnya, kita akan diminta import konfigurasi, tapi pilih saja Do not import setting
  4. Nah, untuk langkah seterusnya, sama saja dengan menginstal Android Studio di Windows, hanya perlu NTNF (next to next finish)

Menambahkan Icon Android Studio kedalam start menu

Pada saat tampilan awal Android Studio, Pilih Configure -> Create Desktop Entry

Oke, kunfigurasi awal penginstalan Android Studio sudah selesai, selanjutnya hanya download file SDK dan pendukung lainnya, pastikan koneksi internet kalian lancar, karena akan memakan bandwitch yang cukup besar, belum lagi jika ditambah AVD (Android Virtual Studio).

Jika semuanya sudah selesai, termasuk file pendukungnya juga sudah terinstal, maka dimateri selanjutnya kita akan membuat Project pertama kalian yaitu membuat Kartu Ucapan, dimana menerapkan materi yang sudah kita pelajari sebelumnya. Sekian dulu untuk kali ini, jika masih ada yang bingung, silahkan tanya dikolom komentar. Terimaksih

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong Matikan AdBlock dulu Gan :)